I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 13 Maret 2011

Alat-Alat Chiptune

Perbedaan Jenis Suara Gameboy Klasik / DMG-01

Dalam musik chiptune, alat musik analog yang dihasilkan salah satunya gameboy. Dikarenakan gameboy memiliki chip tersendiri untuk memproduksi suara dalam berformat 8 bit.

Pada pengetesan waveform mapping berikut ini, semua gameboy pada posisi volume tertinggi atau pada knop volume maksimal. Semua gameboy terhubung dengan audio interface Motu 2048.

Dari semua tipe gameboy perbedaan nya tidak hanya berupa perbedaan karakter chip suara itu sendiri tetapi juga perbedaan tipisnya tebalnya waveform atau audio mapping. Saya merekam pulse instrument, untuk envelop; A8, wave; pulse width 50% ( square ) dengan pitch nada C3. Pada gambar waveform mapping, terlihat seperti apa yang ada dalam audio editor interface, lalu di capture menjadi JPG atau graphic file.


Gameboy (classic, original, dmg-01, grey, brick, keksdose)




Generasi Gameboy pertama, di produksi pada tahun 1989. memiliki karakter suara tebal, suara low yang dominan, dengan sedikit (bila dibandingkan dengan type gameboy lainnya) agak noise (hiss dan seikit hum). Prosessor cenderung lambat dikarenakan pemetaan hexadecimal yang masih bersifat generatic. Dengan lambatnya prosessor ini kadang menimbulkan beberapa bug, tergantung dengan music yang kita buat. Pada LSDJ dengan versi yang lebih lama atau unstable, gameboy kadang crash atau hang terutama bagian table yang cenderung sangat kompleks. Versi LSDJ terbaru telah membuat perubahan sehingga optimized untuk gameboy, jadi tidak akan crash tetapi tidak dapat mengatasi lambatnya prosessor gameboy ini. Kadang suka patah-patah bila kita memainkan sebuah cart LSDJ dengan table yang rumit. Untuk tampilan layer cenderung agak susah terlihat, terutama untuk tempat yang kurang cahaya nya.

Plus : sound, retro feel, vintage
Minus : display, layar
Contoh suara Gameboy Classic / DMG-01


waveform mapping dari original gameboy

continued..



postheadericon it's time for SID

it's time for SID

Saya pingin banget punya komputer Commodore 64, meskipun kuno tapi aduuuh susah deh buat dijelasin! Nah yang membuat saya pingin banget tu karena ada chip SID nya. Nah, dibawah ini saya akan mengangkat dan mencoba menjelaskan tentang SID itu sendiri.

Image Hosted by ImageShack.us
SID (sound interface device) adalah sound chip kecil yang hebat! Dibuat lain daripada yang lain. Tehnik yang original telah membuahkan hasil sound yang special dengan kemampuan kontrol secara realtimeSID terkandung dalam Commodore 64 yang di keluarkan pada tahun 1982 (komputer dengan komunitas hacker yang aktif yang pernah ada). Ini bermaksud, ribuan musisi dan hacker mengexplore setiap bagian dari chip tersebut, mencoba untuk menantang satu sama lain dalam melakukan tehnik yang paling keren sehingga menghasilkan sound yang menarik. Berkali-kali para hackers datang dengan ide yang original bagaimana untuk mengangkat suara yang paling keren keluar dari chip ini. SID adalah mixed-mode integrated circuit yang keistimewaannya adalah mengkombinasikan sirkuit digital dan analog dalam satu semiconductor. Semua kontrol port adalah digital, tetapi output portnya adalah analog. Feature yang ada di SID adalah 3 voice-synthesis, dimana setiap sound bisa menggunakan satu dari 4 waveform yang berbeda: Square wave, triangle wave, sawtooth wave dan pseudo-random wave. Setiap sound bisa di-ring modulatioankan dengan wave yang lain. Ring modulation, filter dan tehnik programming untuk men-switch waveform yang berbeda dengan speed yang cepat dapat menghasilkan karakteristik dari chip SID ini.
Memasuki zaman yang modern ini, sudah banyak tersedia instrument2 yang lebih canggih dalam membuat musik elektronik. Tetapi bagi sebagian musisi, sound asli dari chip SID ini tetap tak tergantikan. Berhubung commodore 64 sudah tidak diproduksi lagi sejak lama, salah satu perusahaan instrument elektronik swedia yaitu ELEKTRON membuat SIDSTATION. Sebuah MIDI-controlled synthesizer with realtime controllers. Stock alat ini sangat terbatas karena produksi chip ini sudah dihentikan. Mereka akan men-stop memproduksi alat ini bila mereka sudah tidak dapat lagi menemukan chip SID ini. Ada juga pci-soundcard yang telah dimodifikasi dengan chip SID. Tapi sayangnya mahal gila booo….
Tapi jangan khawatir, untuk kalian semua yang ingin tahu dan ingin mencoba keagungan dari SID ini, diluar sana banyak tersedia software2 gratis atau sound sample SID yang bisa di dapat. Salah satu contohnya ini nih:
Image Hosted by ImageShack.us
Cbasicore64 2.0 dari echotone. Software ini mempunyai arpegiator dan beberapa effect (delay, fuzz). Software ini adalah standalone (bukan plug-in) tetapi semenjak versi 2.0, software ini bisa merekam sample yang telah kita buat dalam format AIFF. Dan software ini gratis!!!! Yeeesss!!!

Posted by JW on Dec 2, '06 1:39 AM
http://jakewhale.multiply.com


postheadericon Tools of Generate 8bit Sound #2

ATARI ST



maxYMizer

"maxYMiser is the best and most up to date chip tracker for Atari ST, and is still under constant development. To hear the sounds this tracker is capable of visit The Phatt Demo and the maxYMiser online compo. maxYMiser is free, features a full MIDI implementation, and easy to use FastTracker II style editing. maxYMiser is a gwEm production. "
http://www.preromanbritain.com/maxymiser/index.html



Video di atas menunjukan sound yang di hasil kan oleh Atari ST


GAMEBOY

Chiptune music seperti yang telah saya coba jelaskan sebelum nya, mempunyai beragam macam tipe. Salah satunya adalah Gameboy Music. Yaitu, salah satu tipe dari chiptune music mempergunakan game system dari GameBoy Line. Untuk memproduksi music, memerlukan GameBoy console dan catridge (kaset game) berisi software khusus. Diluar sana ada berbagai macam software music untuk GameBoy, tetapi yang paling banyak dikenal oleh para musisi GameBoy adalah Nanoloop dan Little Sound DJ.

Nanoloop diciptakan oleh Oliver Wittchow, seorang art student dari jerman pada tahun 1997. User interface dari software ini sangat minim sekali dan berbeda dengan “normal” musical user interfaces. Sedangkan Little Sound DJ diciptakan oleh Johan Kotlinski pada tahun 2000. Little Sound Dj adalah Tracker 4 channel.

Little Sound DJ (LDSJ)

Photobucket - Video and Image Hosting




Phrase SequencerInstrument Editor
Waveform EditorThe Goods + 1 Classic Game Boy


Http://www.littlesounddj.com


NANOLOOP

Gameboy pocket running nanoloop by schmilblick.

Gameboy Pocket running Nanoloop

http://laorangefactory.blogspirit.com/images/medium_nl13_cart_194x182.jpg


"Nanoloop is a synthesizer / sequencer for the Nintendo Game Boy systems. Stored on a normal game cartridge, it allows to produce nice electronic music without further hardware, using headphones or an external amplifier (home stereo, active speakers, etc) as sound output."

Http://www.nanoloop.de


NINTENDO ENTERTAINMENT SYSTEM (NES)

Image Hosted by ImageShack.us

MidiNES by docpop.

IMG_4553.JPG • x|k’s MIDINES setup by Josh Anomaly.


MIDINES

Midines adalah hardware/catridge yang mengizinkan akses MIDI control ke soundchip 8bit NES. Ini memungkinkan MIDINES menjadi alat pelengkap di studio bersama dengan alat2 retro yang lain maupun modern. Lain hal juga tersedia NesFX, sebuah retro visual grafik yang datang dari incoming MIDI sound data. Versi 1.1.0 features 256 samples (Bisa di akses pada dua keyboard banks) featuring TR707, TR808, TR909, LINN, Amen+other breaks, stabs, dan essential chip battlz.

Midines diciptakan dengan cara memodifikasi 8bit Nintendo game cartridges, cleaning / stripping original case, mengganti game CIC chip dengan Midines 1.1 circuitboard. Midines adalah non-Nintendo licensed hardware interface yang mengizinkan MIDI access ke 8bit NES sound chip, kita bisa mengintegrasikan NES ke MIDI recording studio kita. Midines menyediakan full access kepada 2x Pulse, Tri, Noise and DMC (sample) channels. Dilengkapi akses sweep, duty, volume dan length sound registers.


Salah satu artis yang menggunakan Midines ini adalah Trash80, video di atas menunjukan bagaimana Trash80 mengaplikasikan midines dengan setingan baru yaitu menggunakan Midines sebagai sound module utama, Ableton Live sebagai Sequencer, Monome dan vestax vci100 sebagai midi controller.

http://wayfar.net/

Originally posted by JW86 On Musiktek.com Electronic Music Thread

postheadericon Tools of Generate 8bit Sound

Para Composer Chiptune/Chipmusik bisa dibilang telah di mulai pada awal tahun 1980an, ketika bermulanya zaman kebangkitan home computer dan video games. Pada saat itu, para composer2 menghasilkan musik hanya untuk soundtrack videogames. Pada tahun 1987, Karsten Obarsk, game developer dari jerman, merilis "ultimate Soundtracker" untuk platform Commodore Amiga kepada publik. Tracker musik ini bisa dibilang sebagai Grandfather tracker2 musik lainnya. Setelah itu, semakain banyak bermunculan Tracker2 lain untuk platform2 komputer lainnya. selanjutnya kita bahas tools per-platform yang banyak di gunakan:

Commodore Amiga

http://www.3dnews.ru/documents/11453/08_obarskysoundtracker.jpg

Protracker

Dan masih banyak lagi tracker2 untuk amiga yang bisa di donlot secara gratis dari internet. Untuk menjalan program ini, kita hanya tinggal mentransfer Software2 tersebut ke media disket atau harddrive yang kompatible dengan Komputer Amiga.

Commodore 64

Banyak sekali alternatif yang bisa di pilih untuk membuat musik dengan commodore 64 ini. Dengan cara traditional dengan mengakses disket, menggunakan software tracker seperti:

Cyber tracker

Goat Tracker

Atau menggunakan Catridge:

MSSIAH


mcart.gif


"The MSSIAH is a MIDI cartridge for the Commodore 64. It contains a suite of music applications that starts instantly as you insert the cartridge and start up the computer.With these applications you can play the C64's audio circuit (SID) via MIDI or stand-alone with the internal sequencers."

Interface dari catridge Mssiah bukan Tracker, melainkan serupa dengan lazim nya software sequencer.

  

"The Sequencer is the flagship application in the MSSIAH suite. Truly a one-of-it's-kind on the C64 platform and fully in line with modern music applications. With the MSSIAH Sequencer you can create music like using Logic/Cubase on the PC/MAC. Sequences and notes are added, moved, copied or deleted with just a click on the mouse or by playing on the MIDI or C64 keyboard. Edit up to 32 of your own classic SID instruments or choose from 68 readily available presets for quick access to THE classic computer game sounds from the 80s."

Selain itu, Feature lain di Mssiah yang sangat menarik yaitu, mempunyai instrument Mono Synthsizer, Bassline (menyerupai TB-303), Drummer (menyerupai TR-909) dan Wave Player (Wave-Player plays back 4-bit samples at 6Khz on three virtual channels)



Catridge Mssiah ini pun sudah fully Midi support. Kita dengan mudah mengkonek kan aplikasi lain dengan Commodore 64 + Mssiah menjadi satu platform musik yang powerfull!



Mssiah Website: [Klik Link ini]



Komputer Commodore 64 (C64) mempunyai suara yang khas. Oleh karena itu, banyak orang2 kreatif memberdayakan chip SID yang terkandung dalam C64 ini menjadi sebuah sound module.


SIDSTATION

"SidStation combines the MOS6581 sound chip of the classic Commodore C64 homecomputer with a powerful operating system. Prepare for original cool sounds never heard before. The SidStation features full MIDI-support and tweakable realtime controllers."





HARDSID 4U


Originally posted by JW86 On Musiktek.com Electronic Music Thread

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Go To Top